oleh

Terminal Banda Aceh Masih Lengang

Banda Aceh-Belum terlihat lonjakan penumpang yang ingin mudik pada H-7 lebaran di Terminal Tipe Batoh, Banda Aceh. Kondisi terminal pun lenggang, jumlah penumpang yang berangkat jauh berbeda dibanding sebelum COVID-19.

Kepala Terminal Tipe A Batoh, Banda Aceh, Heriyanto, mengatakan, bus yang berangkat dari Banda Aceh setiap hari hanya berjumlah 28 unit. Jumlah itu disebut jauh berbeda dibanding sebelum COVID-19 yang mencapai 43 unit per hari.

“Sekarang ada sedikit perubahan penumpang dari hari biasa. Tapi bukan peningkatan karena selama COVID-19 jumlah penumpang stabil,” kata Heriyanto,, Senin (25/4/2022).

Dia mengatakan, perubahan jumlah penumpang terjadi mulai tanggal 22 April hingga tadi malam. Penumpang bus dari Aceh rata-rata warga yang hendak pulang ke Sumatera Utara.

Sejak tanggal itu, 28 bus yang berangkat dipenuhi penumpang. Heri mengatakan, tiket bus dari Banda Aceh sudah ludes terjual hingga keberangkatan 1 Mei mendatang.

“Kalau dibilang peningkatan, beda sekali dengan tahun sebelum COVID-19. Sekarang masih tergolong sepi kalau dibanding dulu. Dulu kita mengeluarkan 43 armada setiap hari, sekarang paling banyak 28 unit,” jelasnya.

Heri menjelaskan, pemudik yang telah berangkat dari terminal Batoh sekitar seribuan orang. Menurutnya, kebijakan pemerintah membolehkan mudik tidak terlalu berpengaruh dengan penumpang bus di Aceh.

Meski demikian, pihak terminal tetap menyiagakan mobil tambahan untuk mengantisipasi adanya tumpukan penumpang. Heri memastikan semua penumpang akan terangkut.

“Kita tetap standby armada cadangan. Kalau terjadi penumpukan kita akan mencari bus-bus untuk membawa pemudik sampai ke tempat tujuan,” ujarnya. []

(Sumber | DETIK.COM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed