oleh

Survei Cawapres 2024: Sandiaga Uno Tertinggi, Disusul Anies dan Ganjar

Jakarta-Politika Research & Consulting (PRC) menyebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memiliki elektabilitas tertinggi calon wakil presiden (cawapres) 2024 dengan 12,5 persen. Disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 6,1 persen dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 3,9 persen.

Direktur Eksektuf PRC Rio Prayogo memaparkan hasil elektabilitas calon wakil presiden yang ditemukan dengan menggunakan pertanyaan terbuka, dimana responden dapat menyebut tokoh secara bebas yang diinginkan untuk menjadi cawapres.

“Kalau dalam proses politik praktis, (proses) ini kami sebut dengan (istilah) definitive footers. Biasanya, orang yang menjawab dengan pertanyaan terbuka (itu) tingkat kebulatan tekad dan loyalitas terhadap suatu figur sudah sangat kuat,” ujar Rio dalam diskusi daring pada Senin, 15 November 2021.

Selain itu, data yang diperoleh PRC perihal elektabilitas Cawapres pada segmen pemilih muda (Generasi Milenial dan Generasi Z) juga mengalami hasil yang serupa, dimana ketiga nama tersebut memiliki elektabilitas teratas sebagai Cawapres di Pilpres 2024, dengan elektabilitas tertinggi diperoleh juga oleh Sandiaga Uno dengan angka 15,1 persen.

Menanggapi data tersebut, menurut Rio, hasil survei PRC yang dilakukan selama setidaknya 4 kali dalam waktu 2 tahun terakhir selalu menunjukkan nama Sandiaga Uno yang utamanya diminati sebagai Cawapres.

“(Hasil) ini bisa dimaklumi karena memang ia (Sandiaga Uno) beredar dalam proses politik Indonesia selain menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta dari Anies, kemarin (Pilpres 2019) juga mencalonkan diri sebagai wakil presiden. Jadi, memori masyarakat tentang Sandiaga Uno terasosiasikan dengan sosok sebagai wakil,” ujar Rio.

Selain nama-nama diatas, PRC juga mendapatkan juga beberapa nama lainnya sebagai Cawapres yang disebut responden dan kemudian masuk kedalam laporan PRC, meliputi Tri Rismaharini, Gatot Nurmantyo, dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Berikut hasil lengkap data survei elektabilitas Cawapres yang diperoleh PRC:

Sandiaga Uno (12,5 persen)

Anies Baswedan (6,1 persen)

Ganjar Pranowo (3,9 persen)

Prabowo Subianto (2,9 persen)

Ridwan Kamil (2,9 persen).

Ma’ruf Amin (2,7 persen)

Tri Rismaharini (2,0 persen)

Agus Yudhoyono (2,0 persen)

Gatot Nurmantyo (1,3 persen)

Basuki Tjahaja Purnama (1,1 persen)

Lainnya (6,5 persen)

Tidak Menjawab (56,1 persen)

Kemudian, berikut hasil lengkap data survei elektabilitas Cawapres pada segmen pemilih muda (Generasi Milenial dan Generasi Z):

Sandiaga Uno (15,1 persen)

Anies Baswedan (4,7 persen)

Ganjar Pranowo (4,5 persen)

Ma’ruf Amin (3,1 persen)

Agus Yudhoyono (2,9 persen)

Prabowo Subianto (2,9 persen)

Ridwan Kamil (2,7 persen)

Tri Rismaharini (2,5 persen)

Basuki Tjahaja Purnama (1,2 persen)

Susi Pudjiastuti (0,8 persen)

Lainnya (6,4 persen)

Tidak Menjawab (53,2 persen)

Survei ini dilakukan pada 8 Oktober hingga 4 November 2021, dengan total responden sebanyak 1.220 orang yang tersebar di 34 provinsi. []

(Sumber | TEMPO.CO)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed