oleh

Siswa SMA-SMK Aceh Jaya ikuti Seleksi Duta Sadar Hukum

Calang-Sebanyak 34 siswa SMA/SMK di Aceh Jaya, dilaporkan mengikuti seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum Tahun 2021. Kegiatan yang dipusatkan di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Jaya, dibuka Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Jaya, Mardani, SH diwakili Kasi Intelijen Kejari Aceh Jaya, Memed Rahmad Sugama, SH, Rabu (10/11/2021).

Kegaiatan tersebut merupakan Kerjasama Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Jaya dengan Kejari Aceh Jaya. Dalam sambutannya, Kejari Aceh Jaya, Mardani, SH melalui Kasi Intelijen Kejari Aceh Jaya, Memed Rahmad Sugama, SH, mengapresiasi seleksi duta sadar hukum yang diikuti oleh pelajar SMA/SMK, dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa tentang sadar hukum di lingkungan sekolah sejak dini.

“Negara kita negara hukum, jadi sejak dini adik-adik sekalian harus memahami dan mengenal hukum. Sebagai generasi penerus bangsa, para siswa harus taat hukum sesuai ketentuan undang-undang yang berlaku, menjauhi narkoba dan terus meningkatkan prestasi,” katanya.

Pihaknya berharap seluruh stakeholder di Aceh Jaya dapat berkolaborasi untuk memberantas narkoba dan tindak pidana lainnya yang menjurus kepada hukum. Ia juga menaruh harapan penerus bangsa di negeri ini terkontaminasi.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Jaya Rahadian, SE. M.Pd mengatakan, kegiatan pemilihan duta sadar hukum ini diselenggarakan sejak 10-11 November 2021 di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Jaya.

Dalam laporannya, Rahadian mengatakan dari 21 satuan Pendidikan tingkat SMA/SMK di Kabupaten Aceh Jaya, 17 sekolah yang mengirimkan pesertanya atau sebanyak 34 peserta.

Intinya ada 4 sekolah yang tidak mengirimkan peserta pada seleksi duta sadar hukum tahun ini. Keempat sekolah tersebut meliputi, SMA Negeri 1 Darul Hikmah, SMK Swasta Mudi, SMK Negeri 1 Pasie Raya dan SMAN 2 Sampoiniet.

Menurutnya, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan dan peserta yang mengikutinya dipastikan sudah mendapatkan vaksin COVID-19.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan generasi muda anti narkoba dan anti korupsi, mencegah terlibat penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah dan masyarakat, membina persahabatan antar siswa untuk memperkokoh persatuan bangsa, serta menguatkan kapasitas lembaga Kejaksaan dalam upaya meningkatkan pendidikan,” katanya.

Ia menambahkan, diharapkan kepada seluruh peserta untuk mengikuti dengan serius dan menuntaskan seluruh jawaban dari semua pertanyaan yang diajukan dewan juri. Bagi juara 1,2 dan 3 akan diberikan piagam penghargaan serta uang pembinaan sesuai dengan Dipa Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Jaya.

Adapun juara 1 Duta Pelajar Sadar Hukum yang terpilih tingkat Aceh Jaya nantinya akan mewakili Kabupaten Aceh Jaya untuk mengikuti seleksi duta pelajar sadar hukum tingkat Provinsi Aceh yang akan diselenggarakan pada akhir bulan November 2021. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed