oleh

Peringatan Nuzulul Quran, Warga Lueng Bata Sembelih Dua Ekor Lembu

Banda Aceh-Seperti biasa, 17 Ramadhan setiap tahun diperingati sebagai Nuzulul Quran, hari diturunkannya Al-Quran. Ada peristiwa penting dan keutamaan dari Malam turunnya Al Qur’an, sehingga diperingati setiap muslim.

Ada beragam nuansa para ummat Muslim memperingati Nuzulul Quran. Seperti yang dilakukan masyarakat Gampong Lueng Bata, Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh.

Sabtu (23/4/2022), warga Gampong Lueng Bata, menyembelih dua ekor lembu untuk dimasak kuliner khas Aceh (Kuah Beulangong). Memang, dalam kehidupan masyarakat Aceh, khususnya Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, Kuah Beulangong menjadi menu masakan yang sudah menjadi tradisi.

Keuchik Gampong Lueng Bata, Kurniawan Putradian, mengapresiasi atas kerjasama warga dalam mempersiapkan masakan kuliner Aceh itu. Mulai pada proses pemotongan lembu hingga memasukkannya ke dalam kuali untuk dimasak.

Kekompakan warga pada proses pemotongan lembu hingga memasukkannya ke dalam kuali untuk dimasak, turut disaksikan langsung Keuchik Gampong Lueng Bata, Kurniawan Putradian.

Sebanyak 23 kuali kuah beulangong yang dimasak dalam rangka Nuzulul Quran, telah disiapkan masyarakat dan perangkat Gampong Lueng Bata. Warga begitu antusias untuk saling membantu dalam memasak kuah beulangong, meskipun sedang menjalankan ibadah puasa. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed