oleh

PENAPOST.ID, Karib Perubahan di Tengah Pandemi

LUMRAHNYA Hari Ulang Tahun (HUT) menandai hari dimulainya sebuah kehidupan. Merefleksikan kembali perjalanan yang telah dilewati, teguh memelihara tujuan, berbenah umpamakata berubah.

Hadir pada 20 Mei 2014 lalu, awalnya Portal Berita Online Indonesia ini kami berinama PENAPOST.COM (Sekarang PENAPOST.ID) di bawah management PT. Pena Post Multi Media. Hampir enam tahun kami bercengkrama dengan domain dot com. Perusahaan mengalihkan domain dot com menjadi dot id (domain Indonesia).

Di awal-awal berdiri yang bermula dengan serba keterbatasan, sumberdaya dan modal kecil, tekad kami menyajikan informasi kepada khalayak dari Negeri nan indah ini akhirnya terwujud juga.

Bekerja diruang tidak begitu mewah sejak itu, pada tahun 2014, tepatnya di Gampong Lambung, Kecamatan Meraxa, Kota Banda Aceh, tidak menyurutkan niat kami merangkai kata menjadi kalimat. Kini dengan sumberdaya dan pengembangan bisnis yang sederhana, dari lantai II Nomor 4, Gampong Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh, kami tetap konsisten meningkatkan jurnalisme ke arah lebih baik.

Tangkap Layar Verifikasi Media Siber oleh Dewan Pers.

Portal Berita Online Indonesia PENAPOST.ID, dengan sumberdaya yang ada ikut mendaftarkan diri ke Dewan Pers untuk proses verivikasi. Hasilnya, pada 17 Januari 2019, resmi terverifikasi Administrasi. Selangkah lagi PENAPOST.ID mencapai ke tahap verifikasi faktual. Kondisi sulit di tengah Pandemi COVID-19 ini tidak menyurutkan niat untuk menyelesaikan verifikasi faktual Dewan Pers.

Pelan namun pasti, itulah prinsip yang terus kami bangun dengan tim perusahaan maupun redaksional yang terbatas. Aktif di media sosial, ternyata mencuri perhatian pembaca untuk bergabung dan mengirimkan ragam informasi peristiwa, politik maupun event, khususnya di Provinsi Aceh.

Mengusung moto “Cerdas dan Tepercaya”, PENAPOST.ID terus berkomitmen meningkatkan kualitas jurnalisme untuk mengarahkan pembaca mendapatkan informasi-informasi penting dan inspiratif di era revolusi teknologi informasi.

Tema Hari Ulang Tahun Ke-8 PENAPOST.ID tahun 2021 ini adalah ”Karib Perubahan di Tengah Pandemi”. Tema tersebut didasari dari sisi kehidupan era Pandemi COVID-19 yang belum mereda.

Sungguh kami benar-benar menyadari, tanpa kepercayaan dan dukungan para mitra dan pembaca, sulit kami untuk bisa berbuat banyak. Itu sebabnya, dengan rasa penuh hormat, izinkan kami menyampaikan terima kasih. Pandemi COVID-19 telah mampu mengubah pola sosial kita dalam kehidupan sehari-hari dari kebiasaan di masa normal dengan kerabat dan khalayak. Suka atau tidak, Pandemi adalah masa bagi kita untuk membuat perubahan.

Namun, tentu kita tidak boleh berlarut dalam kedukaan atas ujian yang dihadapi saat ini akibat Pandemi COVID-19 ini. Jaga diri dan patuhi semua aturan Pemerintah demi kebaikan bersama. Protokol Kesehatan (Protkes) dan vaksinasi adalah cara untuk memutus mata rantai COVID-19 di negeri ini, khususnya di Provinsi Aceh.tidak kalah pentingnya lagi adalah cerdas menanggapi informasi seputar COVID-19 itu sendiri.

Momentum 20 Mei 2021, benar-benar menjadi sejarah penting bagi Portal Berita Online Indonesia PENAPOST.ID. Berusia sewindu atau delapan tahun sejak pertama hadir menyapa pembaca pada 20 Mei 2014 di jagat maya, tetap bertahan ditengah gempuran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Independen, akurat dan mencerdaskan pembaca di era milenial, masih menjadi tagline “Si Biru Tua” ini dalam menyajikan beragam informasi penting untuk khalayak. Cepat bukan berarti PENAPOST.ID, harus melupakan kredibiltas dalam menurunkan laporan merangkai kata menjadi kalimat.

Digawangi PT. Pena Post Multi Media, berkedudukan di Jalan. Teungku Imum Lueng Bata, Nomor 4, LT. II, Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh, PENAPOST.ID, bukanlah “Si Tua” yang terdepan. Banyak portal berita lainnya yang sudah terlebih dahulu hadir mengisi jagat maya dalam dunia Pers, khususnya di Provinsi nan indah ini, Nanggroe Syariah di Ujung Barat Indonesia.

Berangkat dari keterbatasan yang kami miliki, PENAPOST.ID terus berupaya hadir sebagai Portal Berita yang profesional, meski belum menjadi mitra  terbaik para pemangku kepentingan khususnya di Kabupaten/Kota di Aceh.

Sebab, bagi PENAPOST.ID mitra terbaik bukan soal pengembangan bisnis semata, namun lebih kepada kontrol sosial dan wahana komunikasi massa dalam menurunkan produk jurnalisme kepada pembaca. Jangkauan liputan PENAPOST.ID mencakup seluruh nusantara yang diperkuat oleh sumberdaya manusia yang profesional. Dari sisi susunan personalia perusahaan dengan redaksi terpisah, ini karena memiliki peran dan tanggungjawab yang berbeda.

Sebagai media Pers, sebagaimana termaktub dalam pedoman pemberitaan media Siber yang menyatakan bahwa Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB.

Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers. Media pers ini dengan berbekal semangat dan pengalaman jurnalistik yang ditekuni dari berbagai media pers lokal dan nasional.

Tujannya untuk menyampaikan informasi yang dapat mencerdaskan pembaca di tanah air dan Aceh secara khusus. Perjalanan panjang mengisi kelangsungan PENAPOST.ID,  di beranda daring. Saat awal berdiri hingga saat sekarang. Karya jurnalistik yang terverifikasi melalui dapur redaksi dengan sumberdaya ‘tak’ begitu ramai, kami pun terus mendapat kepercayaan pembaca.

Hal ini terlihat dari tool marketing yang menggunakan data traffic sebuah website untuk me-ranking website populer. Meski di tengah Pandemi COVID-19, pada tahun 2021 ini termasuk mencapai target. Memanfaatkan momentum istimewa ini untuk terus mematangkan diri, terus berkarya, semakin kreatif dan inovatif. Menjadi sumber berita tepercaya, salah satu tekad media pers berbasis online ini.

Delapan tahun bukan waktu yang singkat bagi kami dalam menyusun kata menjadi kalimat sudut kota tua ini. Beragam inovasi terus disajikan melalui laman beranda PENAPOST.ID. Menahkodai redaksi bukan tugas ringan dalam dunia Pers. Perlu sumberdaya yang profesional, bijak menyikapi persoalan naskah yang datang silih berganti dari para reporter di lapangan.

Arus informasi digitalisasi dewasa ini perlu proses verifikasi dapur redaksi, termasuk dalam hal mewartakan pemberitaan yang bersifat ramah anak. Satu tekad yang kami bangun adalah melawan Hoaxs di tengah derasnya arus informassi digital dewasa ini.

Selamat datang di beranda kami Portal berita Online Indonesia PENAPOST.ID. Jadikanlah kami karib setia pembaca dimanapun berada! []

Salam Takzim dari Kami

Management

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed