oleh

Mengembangkan Literasi Mengaplikasi Desain Pustaka Sekolah

Tapaktuan-Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Selatan, melatih tenaga perpustakaan SMA, SMK dan SLB. Pelatihan ini sebagai upaya mengembangkan literasi untuk mengaplikasi desain pustaka di sekolah.

Untuk itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh melalui Cabdin Wilayah Aceh Selatan melatih sebanyak 46 tenaga perpustakaan SMA, SMK dan SLB (PKLK) mengikuti pelatihan pengelolaan pustaka digital.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu dari tanggal 07-08 Juni 2022 dilaksanakan di Aula Cabdin Wilayah Aceh Selatan, Rabu (08/06/2022).

Kacabdin Wilayah Aceh Selatan, Annadwi SPd MM, mengajak pengelola perpustakaan untuk peka terhadap perkembangan teknologi informasi yang semakin hari semakin pesat.

“Perkembangan teknologi dewasa ini semakin pesat, para pengelola perpustakaan juga dituntut untuk mengembangkan kompetensi diri khususnya di bidang teknologi sehingga tidak canggung dengan teknologi,” kata Annadwi.

Dikatakannya, ia mengingatkan guru dan tendik bahwa sekarang merupakan era digital sudah diterapkan diberbagai sektor, tidak terkecuali di bidang pendidikan.

“Semua SDM dunia pendidikan termasuk pengelola perpustakaan yang terlibat diharapkan dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas, layanan kerja dan pengembangan pendidikan di Aceh, khususnya Aceh Selatan sehinga program Aceh Carong akan terwujud,” ucapnya.

Annadawi menambahkan, pelatihan perpustakaan digital ini bertujuan untuk pengembangan karir pengelola perpustakaan dalam menerapkan teknologi informasi di perpustakaan sekolah masing-masing dan literasi warga sekolah.

Pelatihan itu menghadirkan narasumber yaitu, Junaidi Dongoran MPd dan Pandani SPd dari Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Aceh Selatan. []

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *