oleh

Lokasi Penyelenggaraan PON di Aceh Tak Kunjung Ada

Banda Aceh-Sampai kini, lokasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON), di Provinsi Aceh belum juga ada.

Sebab itu, keseriusan Gubernur Nova Iriansyah untuk menyelenggarakan PON 2024 di Aceh, mulai dipertanyakan.

Kondisi tersebut membuat Ketua DPR Aceh Dahlan Jamaluddin, mulai bersuara mempertanyakan keseriusan Gubernur Nova Iriansyah menyelenggarakan PON 2024 di Aceh.

“Kita berharap Gubernur tidak mengabaikan itu dan tidak menunda-nunda. Kalau kita lihat tetangga kita Sumatera Utara sudah melakukan itu sudah menetapkan lokasi,” kata Dahlan kepada wartawan, Jumat (21/01/2022).

Dahlan menjelaskan penetapan lokasi juga bertujuan untuk perencanaan detail engineering design (DED) dan rencana pelaksanaan pembangunan. Dia menyebut Pemerintah Aceh belum melakukan langkah apa pun.

“Kita belum melakukan apa pun, padahal kita berkomitmen bahwa penyelenggaraan PON Aceh-Sumut tidak hanya sukses di penyelenggaraan, tapi prestasi sekaligus ini menjadi momentum besar untuk kebangkitan ekonomi Aceh ke depan dengan adanya pembangunan infrastruktur besar-besaran,” jelas politikus Partai Aceh tersebut.

Lebih lanjut Dahlan mengapresiasi perjuangan Pemprov Aceh hingga ditetapkan sebagai tuan rumah PON bersama Sumut. Hal itu dapat menguntungkan Pemprov Aceh karena bakal ramainya wisatawan yang berkunjung.

“Dan bukan hanya Aceh-Sumut yang berminat untuk menjadi penyelenggara tuan rumah PON, tapi juga banyak daerah lain yang mengajukan diri,” ujar Dahlan.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Aceh (Sekda) Taqwallah mewakili Gubernur Aceh Nova Iriansyah menerima pataka PON pada acara penutupan PON Papua 2021. Penyerahan dilakukan di Stadion Lukas Enembe, Papua, Jumat, 15 Oktober 2021.

Penerimaan pataka itu dilakukan Sekda Aceh Taqwallah bersama Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi.

Aceh dan Sumatera Utara didapuk menjadi tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Kepastian itu tertuang dalam keputusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat 2020.

“Diputuskan usulan Komisi B, yakni Provinsi Aceh dan Sumatera Utara menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI pada 2024, sebagaimana tahun Olimpiade dihelat,” kata Waketum I KONI Pusat Suwarno. []

(Sumber | DETIK.COM)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed