oleh

KMP Aceh Hebat 1 Angkut Semua Kenderaan

Calang-Kapal Motor Penumpang (KMP). Aceh Hebat 1 kembali melayani angkutan penyeberangan ke Simeulue setelah selesai docking tahunan.

Operasional itu setelah dinyatakan lolos atau layak pasca pengujian kelayakan berupa Sea Trial. Pada penyeberangan perdana hari ini, Jumat (10/12/2021),

Sejumlah kenderaan di dalam KMP Aceh Hebat 1 diberangkatkan ke Simeulue.

KMP Aceh Hebat 1 langsung menuntaskan antrean kendaraan di Dermaga Calang untuk diangkut ke Simeulue.

Sedikitnya sebanyak 21 kendaraan campuran diangkut pada pelayaran perdana menuju Ate Fulawan Simeulue pasca docking rutin tersebut.

Sebelum kembali ke lintasan pelayarannya, KMP. Aceh Hebat 1 mengikuti serangkaian pengujian untuk memenuhi kelayakan operasional pelayaran.

Di antaranya, dilakukan sea trial yang diawasi langsung oleh Marine Inspector dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah 1 Aceh, pada siang tadi.

Sea trial meliputi pemeriksaan dan pengujian alat keselamatan, navigasi, performa mesin, dan Syarat Pelayanan Minimum (SPM).

Nakhoda kapal Aceh Hebat 1, Capt. M Noer, dalam keterangan pers yang disiarkan Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, menyampaikan bahwa, proses pengujian sea trial hari ini berjalan lancar. “Pemeriksaan hari ini berjalan normal bagus, sesuai dengan apa yang diinginkan,” ujarnya.

Pemeriksaan rutin ini, tambahnya, merupakan sebuah keharusan agar pelayanan transportasi penyeberangan kepada masyarakat bisa berjalan dengan aman dan selamat.

Dirinya juga menambahkan bahwa kondisi KMP. Aceh Hebat 1 setelah pelaksanaan docking sudah memenuhi standar untuk kembali dioperasikan.

Selama pelaksanaan docking KMP. Aceh Hebat 1, pelayanan penyeberangan sangat berdampak terhadap aktivitas perpindahan orang dan barang dari dan ke Kabupaten Simeulue dari daratan Aceh.

Hal ini terlihat dari terjadinya antrean kendaraan beberapa waktu lalu di sejumlah pelabuhan penyeberangan akibat terbatasnya kapal yang beroperasi.

Dengan kembali beroperasinya KMP. Aceh Hebat 1, diharapkan aktivitas penyeberangan dapat berjalan normal sehingga kelangkaan logistik harian di wilayah kepulauan dapat dihindari. Terutama, menghadapi peningkatan jumlah pergerakan pada akhir tahun.

Kadishub Simeulue, Mulyawan Rohas.

Dalam keterangan pers Biro Humas dan Protokol Setda Aceh itu, Kadishub Simeulue, Mulyawan Rohas, menyambut baik kembali beroperasinya KMP. Aceh Hebat 1 pasca docking.

Atas nama masyarakat Simeulue, Mulyawan menyampaikan rasa terima kasih atas pelaksanaan docking sesuai harapan, termasuk perkiraan lonjakan penumpang dan barang pada akhir tahun tidak terganggu.

“Kita selalu ditanyai oleh masyarakat, kapan KMP. Aceh Hebat 1 kembali melayani Calang-Sinabang,” tambahnya.  []

(Editor | Redaksi).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *