oleh

Jantho Panorama Park dan Berkah Peningkatan Ekonomi Warga

Kehadiran objek wisata Jantho Panorama Park (JPP) dinilai menjadi berkah bagi warga sekitar, selain meningkatan perekomian warga dan membuka lapangan kerja baru, juga membuat Kota Jantho makin menggeliat.

SUASANA Kota Jantho, Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Aceh dalam kondisi hujan gerimis, Kamis 13 Mei 2022, suasana berbeda justru terjadi di depan Masjid Al-Munawwarah Kota Jantho. Suasana disana tetap ramai dikunjungi warga.

Maklum, disana terdapat banyak kios-kios kecil yang menjual berbagai macam aneka makanan ringan hingga berbagai macam kue khas Aceh Besar.

Patauan media Penapost.id, banyak wisatan yang mampir dan membeli berbagai macam oleh-oleh atau buah tangan yang ditawarkan pedagang disana.

Seorang pedagang, Anu mengaku sejak hadirnya tempat wisata alam Jantho Panorama Park (JPP) di Gampong Bukit Meusara, Kecamatan Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar telah memberikan keberkahan sendiri, terutama dalam bagi peningkatan ekonomi warga sekitar.

Dia mengaku sejak beroperasinya lokasi wisata alam tersebut, dagagangan mereka menjadi laris manis. Terlebih para pengunjung Jantho Panorama Park (JPP) terutama pada hari Sabtu, Minggu atau hari libur lainnya, memilih singgah untuk membeli keripik dan berbagai makanan jajanan yang mereka tawarkan.

“Allahdulillah, sejak kehadiran Jantho Panorama Park (JPP), dagangan kami cepat habis dan omsetnya bertambah 4 kali lipat dibandingkan sebelum adanya JPP, kami sangat senang,” ujar Anu.

Pengakuan sama juga disampaikan pedagang keripik lainnya, Ani. Katanya, dagangannya selalu cepat habis dan sekarang bias lebih cepat pulang dan bisa melakukan perkejaan rumah.

“Selama ini kita lebih cepat pulang, jadi bisa menyiapkan masak untuk keluarga sekaligus bisa membantu perekomian keluarga,” ujar Ani.

Selain itu, Ani berharap, dengan hadirnya lokasi wisata, Kota Jantho akan semakin terkenal dan menjadi destinasi wisata yang selalu diminati warga.

“Kue-kue ini juga diproduksi dari rumah-rumah warga dalam bentuk UMKM, jadi semua warga disini menerima manfaanya. Selain itu, Kota Jantho juga semakin bergeliat. Kami berharap kondisi ini akan terus berlanjut,” harap Ani.

Tokoh masyarakat Jantho, Reza menambahkan banyak hal positif yang hadir dengan adanya obyek wisata alam Jantho Panorama Park. Selain menampung tenaga kerja yang merupakan warga lokal dan generasi muda, Kota Jantho juga semakin dikenal dan didatangi banyak wisatawan dari berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Aceh.

:Kita berharap obyek wisata JPP akan terus maju dan didatangi banyak wisatana lokal,nasional hingga manca negara. Sebab, kehadirannya sangat berdampak positif untuk menggenjot peningkatan ekonomi warga sekitar,” harap Reza. []

(Editor     | Afrizal)
(Laporan | Azhari)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed