oleh

Iffat Assyarif, Santri Berprestasi di Ajang FASI Tingkat Provinsi

PERJUANGAN Iffat Assyarif untuk meraih juara pada ajang Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) tingkat Provinsi Aceh tahun 2022, akhirnya tercapai juga.

Putra sulung Ismail-Mursyidah, warga Ie Masen Kayee Adang, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh ini meraih juara I Cabang MTQ Tartil kategori TKA ajang Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) tingkat Provinsi Aceh tahun 2022.

Santri TPQ Darul Ilmi Ulee Kareng dan TPQ As-Sa’adah Lamgugop itu meraih juara I bersama 22 peserta terbaik lainnya, sekaligus mengharumkan Kota Banda Aceh di level Provinsi.

Sebagaimana diketahui Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2022, di helat sejak 8-11 November 2022, dipusatkan di Asrama Haji, Banda Aceh Embarkasi Banda Aceh.

Pada perhelatan tersebut Kota Banda Aceh berhasil menjadi juara umum. Sebanyak dua belas kali berturut-turut, daerah itu keluar sebagai juara.

Siswa MIN 5 Kota Banda Aceh kelahiran Panton Labu, 7 September 2015 itu, sebelum merupakan Juara I MTQ Tartil kategori TKA tingkat Kota Banda Aceh pada 30 Oktober 2022 lalu. Ia dipercaya mewakili Kota Banda Aceh untuk lomba FASI tingkat Provinsi Aceh Tahun 2022.

“Masya Allah, Alhamdulillah putra kami berhasil meraih juara pertama cabang tartil TKA pada FASI Provinsi Aceh. Mudah-mudahan juara ini memberikan motivasi bagi ananda kami untuk terus belajar dan belajar Al-quran,” kata Ummi Iffat sapaan akrapnya Mursyidah.

Dengan mata kerkaca-kaca, Ummi Iffat, menaruh harapan semoga Iffat menjadi anak shaleh yang akan menuntun orang tuanya ke Syurga kelak.

Menurutnya, keberhasilan yang diraih putranya itu tak lepas dari dukungan dan bimbingan semua pihak baik darinya dan sang Abi (Ismail) Iffat selaku orang tua, ustadz ustadzah serta pengurus BKPRMI Kota Banda Aceh.

“Terima kasih kepada Ustadz dan Ustadzah di BKPRMI Kota Banda Aceh. Terima kasih sebesar-besarnya kepada Ustadzah Ida yang telah mendukung sejak awal hingga akhir dan Ustadzah Maisarah yang telah ikhlas melatih putra kami Iffat Assyarif mulai sebelum acara FASI Kota Banda Aceh hingga berhasil meraih juara ditingkat FASI Propinsi Aceh, hanya Allah yang bisa membalas semua kebaikannya,” ujar ummi Iffat.

Awalnya ia tak menyangka sang putra sulungnya itu akan meraih juara I ajang FASI Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2022, pada malam pengumuman oleh dewan juri.

Bukan tak punya alasan, bagi ummi Iffat, peserta yang ikut pada lomba bersama Iffat itu adalah para juara FASI ditingkat Kabupaten/Kota se-Aceh, tentu saja diantara mereka ada yang lebih baik dari Iffat.

Bahkan, katanya, pada sore Kamis sebelum pengumuman para pemenang, ia rencana tidak ingin menghadiri malam pengumuman pemenang lomba FASI.

Itu lantaran ia tidak angin putranya itu menaruh kecewa jika tak meraih juara. Namun tekad Iffat Assyarif untuk tetap hadir menyaksikan pengumuman begitu optimis.

Bahkan, putranya itu sangat haqul yakin akan mendapatkan juara I pada ajang FASI Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2022 itu.

“Abang yakin ingin menyaksikan pengumuman lomba nanti malam, kalau tidak dapat juara jangan nangis ya, kata saya. Iffat jawab, abang tidak akan nangis, abang yakin pasti dapat juara I kata iffat menyakinkan kami orang tuanya,” kata Ummi Iffat.

Kamis malam, Ummi Iffat berkisah lagi, ia bersama-sama suami, iffat dan adiknya-pun ikut menyaksikan pengumuman tersebut.

Kedatangan mereka ke lokasi terbilang sudah terlambat. Dimana prosesi acara sudah berlangsung.

Detik-detik dewan juri membacakan pengumuman, ia mengaku mulai deg-degan, sambil berdoa semoga iffat mendaptkan juara, namun ia terus mendengar satu persatu juara mulai dari harapan II lomba MTQ Tartil TKA, hingga juara II, tidak ada satupun disebut nomor undian 15 yang dimiliki Iffat Assyarif pada saat ikut lomba.

“Detik-detik berikutnya saat dibacakan Koordinator Dewan Hakim Lomba FASI Aceh, ‘Juara 1 nomor undian 15 Iffat Assyarif dari Kafilah Kota Banda Aceh’. Alhamdulillah ternyata dia meraih juara 1,” kata Mursyidah.

Meskipun Iffat meraih juara I tapi dia terlihat biasa-biasa saja, seperti tidak menyangka dia berhasil memperoleh juara.

Hal serupa juga disampaikan Ustadzah Maisarah, ia tidak menyangka Iffat Assyarif berhasil meraih juara 1 ditingkat Kota Banda Aceh dan saat ini berhasil meraih juara 1 MTQ Tartil diajang FASI ditingkat Propinsi Aceh, pada hal saat sehari-sehari latihan dia tidak begitu serius, ternyata pada saat lomba ia sangat tampil dengan sangat serius.

“Saya pribadi kira kalau juara satu susah, karena lomba yang di ikuti adalah tingkat propinsi, saingannya anak-anak juara 1 tingkat Kabupaten Kota semua, ternyataaaa” katanya.

“Alhamdulillah Iffat jadi kebanggan kita. Iffat jangan sombong ya nakkk, jangan berpuas diri dengan prestasi yang diraih saat ini, terus dan terus belajar dan pelajari Al-quran. Selamat untuk Iffat Assyarif dari Ustadzah,” tambah Ustazah Maisarah mengingatkan Iffat.

Iffat Assyarif sebelumnya telah beberapa kali berhasil meraih prestasi yang membanggakan bagi orang tuanya yaitu juara 1 Surat Pendek Tingkat TPQ As-sa’adah, Juara 1 Lomba Azan dan Iqamah dan beberapa lomba lainnya. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *