oleh

Guru dan Pengelola Perpustakaan Diajak Peka Perkembangan TI

Banda Aceh-Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Tak terkecuali bagi bidang perpustakaan di satuan pendidikan.

Itu sebabnya, di lingkup Dinas Pendidikan Aceh terus berupaya meningkatkan sumberdaya manusia, dalam hal ini guru dan pengelola perpustakaan untuk mengasah diri terkait derasnya arus teknologi informasi dewasa ini.

Sejalan dengan hal itu, Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Kabupaten Aceh Barat, menggelar pelatihan bagi pengelola pustaka digital jenjang SMA/SMK Se-Kabupayen Aceh Barat yang dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari atau sejak 14-17 Maret 2022, di Aula Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Barat. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kacabdin Wilayah Aceh Barat, Abd Aziz, SH, MSi, Senin (14/03/2022).
Abd Aziz mengajak para guru dan pengelola perpustakaan untuk peka terhadap perkembangan teknologi informasi.

“Mengingat perkembangan teknologi yang begitu pesat, para pengelola perpustakaan juga dituntut untuk mengembangkan kompetensi, khususnya di bidang teknologi sehingga tidak gagap teknologi,” kata Abd Azis saat membuka kegiatan tersebut.

Selain itu, Abd Aziz juga mengingatkan para guru dan tenaga kependidikan bahwa sekarang merupakan era di mana teknologi digital sudah diterapkan di berbagai sektor, termasuk di bidang pendidikan.

Oleh karena itu, Aziz berharap semua SDM pendidikan termasuk pengelola perpustakaan yang terlibat diharapkan bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk meningkatkan produktivitas kerja dan pengembangan pendidikan di Aceh.

“Dunia tidak lagi manual, dengan bantuan teknologi digital yang berkembang dengan cepat, semua informasi yang didapatkan secara tatap muka dan manual kini dapat disebarluaskan melalui teknologi,” papar Abd Aziz di hadapan puluhan peserta yang berhadir.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana, Heri Satria, SPdi kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk pengembangan karir pendidik dan tenaga kependidikan, khususnya pengelola perpustakaan dalam penerapan teknologi informasi di perpustakaan.

“Sebanyak 30 peserta perwakilan SMA dan SMK se-Aceh Barat dilatih pengelolaan perpustakaan berbasis teknologi informasi,” kata Heri Satria yang juga sebagai Kasi Pengembangan Mutu Guru dan Tenaga Kependidikan Cabdin Wilayah Aceh Barat.

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dan instruktur masing-masing, Drh Ratna Yulia, MEd dari LPMP Provinsi Aceh, pengurus PD IPI Aceh Arkin, Teuku Hermilan, M Zulkifli, dan sejumlah narasumber lainnya dari Dinas Pendidikan Aceh dan Aceh Library Consultant (ALC). []

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed