oleh

Gelombang Demo 11 April Digelar Serentak di Penjuru Daerah

Jakarta-Aksi demonstrasi mahasiswa dan sejumlah kalangan digelar serentak hari ini, Senin (11/4). Tercatat, beberapa daerah seperti Palu, Bandung, Semarang, Palembang, Samarinda, Makassar, Ambon, dan Manokwari turut melangsungkan demo 11 April bersamaan dengan Jakarta.

Demo 11 April Jakarta
Di DKI Jakarta, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berunjuk rasa di gedung DPR RI pada pukul 10.00 WIB. BEM SI menyatakan akan membawa empat tuntutan yang salah satunya berkaitan dengan penolakan perpanjangan masa jabatan presiden dan penundaan pemilu 2024.

Demo 11 April Palu
Selain di Jakarta, BEM SI juga akan melakukan aksi di kantor DPRD Sulawesi Tengah. Dalam aksi tersebut, sekitar 300 mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Palu diperkirakan terjun dalam demonstrasi.

Demo 11 April Bandung
Kemudian di Bandung, unjuk rasa akan dilakukan oleh Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (KM ITB). Nantinya, lima poin tuntutan akan dibawakan oleh KM ITB saat menggelar aksi. Kelima tuntutan itu umumnya mengenai penolakan atas wacana perpanjangan masa jabatan presiden dan penundaan pemilu.

Demo 11 April Semarang
Selanjutnya di Jawa Tengah, sekitar 250 orang dari gabungan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Universitas Diponegoro dan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang diperkirakan melakukan aksi yang terpusat di Semarang. Aksi rencananya digelar di depan kantor Gubernur Jawa Tengah dan di depan Mapolda Jawa Tengah.

Demo 11 April Palembang
Di Palembang, Sumatera Selatan, sejumlah mahasiswa juga akan menggelar aksi di gedung DPRD Sumsel. Secara umum, tuntutan mahasiswa yaitu menolak penundaan pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Demo 11 April Samarinda
Ribuan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Kaltim Menggugat (Mahakam) juga akan menggelar aksi unjuk rasa di Samarinda hari ini. Aksi itu bakal digelar di kantor DPRD Kaltim. Mulai dari penolakan perpanjangan masa jabatan presiden hingga kenaikan harga BBM dan PPN akan disuarakan oleh Mahakam.

Demo 11 April Makassar
Berikutnya di Makassar, Sulawesi Selatan, mahasiswa juga berencana menggelar unjuk rasa di 19 titik yang utamanya di depan kantor DPRD Sulsel. Aksi itu merupakan lanjutan aksi sebelumnya dengan jumlah massa yang lebih besar. Pada aksi sebelumnya, mahasiswa Makassar menolak rencana penundaan pemilu 2024 dan wacana tiga periode masa jabatan presiden.

Demo 11 April Maluku
Beralih ke Maluku, mahasiswa Universitas Pattimura Ambon juga bakal melakukan demonstrasi untuk menolak penundaan pemilu 2024 serta perpanjangan masa jabatan presiden. Aksi itu rencananya akan dilakukan di Pertamina Wayame dan Jembatan Merah Putih (JMP). Sekitar 300 orang disebut akan mengikuti demonstrasi itu.

Demo 11 April Manokwari
Di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, aksi demonstrasi juga akan diselenggarakan pada hari ini. Polres Manokwari menyatakan organisasi masyarakat (ormas) Pilar Pemuda Rakyat (PIDAR) akan melakukan aksi unjuk rasa. Aksi tersebut akan digelar di depan kampus Universitas Papua (UNIPA).

Merespons aksi hari ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajarannya untuk mengamankan demonstrasi dengan mengedepankan pendekatan humanis.

Listyo juga memastikan pihaknya berkomitmen dalam menjunjung tinggi hak asasi manusia dan nilai-nilai demokrasi di Indonesia. Selain itu, dia juga meminta massa aksi dapat menghormati dan menjaga situasi agar tetap damai.

“Polri memberikan dan menjamin setiap warga negara untuk menyampaikan aspirasinya atau memberikan ruang demokrasi. Oleh karena itu, pendekatan humanis harus terus dilaksanakan dalam mengawal aksi demonstrasi,” kata Listyo dalam keterangan tertulis, Minggu (10/4).  []

(Sumber | CNNINDONESIA.COM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed