oleh

Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

Jakarta-Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memiliki elektabilitas sebagai capres paling tinggi dibanding tokoh lainnya.

Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia, elektabilitas Prabowo sebagai capres mencapai 21,9 persen. Akan tetapi, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyebut keunggulan Prabowo tak berbeda jauh dengan Ganjar Pranowo.

“Berdasarkan simulasi 33 nama ini, memang tidak ada calon yang dominan. Bahkan pak Prabowo yang unggul, unggulnya tidak signifikan dibanding Ganjar Pranowo,” ujar Burhanudin dalam rilis temuan survei nasional yang tayang secara daring, Minggu (3/4).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di urutan kedua capres dengan elektabilitas tertinggi. Elektabilitasnya mencapai 19,8 persen. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di urutan ketiga dengan elektabilitas 16,4 persen.

Di posisi keempat ada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan tingkat elektabilitas 5,4 persen. Selanjutnya ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan tingkat elektabilitas 5,3 persen.

Dalam simulasi 19 nama, Prabowo, Ganjar, dan Anies masih menempati posisi tiga teratas. Prabowo di posisi pertama dengan tingkat elektabilitas 22,4 persen, disusul Ganjar (21,6 persen), dan Anies (17,1 persen).

Sementara itu, dalam simulasi 7 nama tertutup, nama Ganjar yang memiliki tingkat elektabilitas paling tinggi dengan 27,6 persen. Posisi kedua ada Prabowo dengan 27,4 persen, dan Anies dengan tingkat elektabilitas 22 persen.

“Kalau kita lihat 7 nama, Ganjar dan Prabowo itu imbang, bahkan beda 0,2 persen sedikit di atas pak Prabowo. Artinya ada beberapa nama kalau kita take out itu lari ke Ganjar dan nama yang lain,” papar Burhanuddin.

Survei dilakukan sepanjang 11-21 Februari 2022 dengan melibatkan 1.200 responden lewat metode multistage random sampling. Margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei Indonesia Polling Station sebelumnya, Prabowo juga memiliki elektabilitas tertinggi yakni mencapai 27,4 persen.

Diikuti Ganjar Pranowo dengan 18,9 persen dan Anies Baswedan 15,9 persen.

Survei IPS dilakukan pada 8-18 Maret 2022 di 34 provinsi terhadap 1.220 responden yang berusia minimal 17 tahun. Margin of error survei ini sekitar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. []

(Sumber | CNNINDONESIA.COM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed