oleh

Disbudpar Aceh Incar Wisatawan Sumbar

Banda Aceh-Provinsi Aceh memiliki hubungan yang sangat erat dengan Sumatera Barat (Sumbar), khususnya soal kecocokan industri pariwisata halal, seperti budaya.

Selain itu, Sumbar yang merupakan mayoritas muslim, membuat ketertarikan Provinsi Aceh melirik wisatawan dari daerah itu. Terlebih, sebelum mewabahnya Pandemi Covid-19, Aceh acap dikunjungi warga Sumbar untuk berwisata religi, seperti mengikuti beberapa event keagamaan, hingga berziarah ke makam ulama.

Demikian antara lain disampaikan Plt Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal,, melalui kerjasama bisnis antar pelaku usaha di Aceh dan Sumbar.

“Diharapkan melalui kerjasama ini mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Aceh,” kata Almuniza, Jumat, (17/06/2022).

Sebagaimana diketahui, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh melaksanakan kegiatan business matching (pertemuan bisnis) di Sumatera Barat (Sumbar) pada 16-19 Juni 2022.

Rangkaian kegiatan business matching ini meliputi table top, sales call dan sales blitz. Adapun paket wisata Aceh yang dipromosikan meliputi wisata bahari (Sabang, Aceh Singkil), adventure (Aceh Tengah, Aceh Besar), religi (Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie), sejarah tsunami (Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya), dark tourism (Aceh Besar, Pidie), Aceh highland (Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues), dolphin trip dan underwater (Sabang).

Ada 15 biro perjalanan wisata di Aceh ikut serta dalam kegiatan ini. Selain dari Aceh, 30 biro perjalanan wisata dari Kota Padang dan Bukit Tinggi juga menjadi partisipan, dengan tujuan para biro perjalanan wisata kedua daerah bersinergi dan bertukar pengalaman.

“Ke depan, diharapkan travel agent di Sumatera Barat dapat menjual paket wisata ke Aceh yang lebih beragam, baik di sektor wisata religi, budaya, bahari, dan alam,” kata Almuniza.

Menurutnya, industri pariwisata halal yang dimiliki Aceh sangat cocok dengan budaya warga Sumatera Barat, yang mayoritas muslim.

“Aceh yang dikenal dengan destinasi wisata halalnya diharapkan mampu menjadi pemikat bagi wisatawan dari Sumatera Barat,” katanya. []

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *