oleh

Dinas Pendidikan Aceh Salurkan Peralatan PBM SMK Negeri 2 Banda Aceh

Banda Aceh-Dinas Pendidikan Aceh menyalurkan berbagai peralatan penunjang kegiatan Pendidikan Belajar Mengajar (PBM) dan membina guru-guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Banda Aceh. Upaya itu karena SMK tersebut dinilai merupakan rule model atau contoh bagi sekolah lain yang ada di Aceh.

Kepala Sekolah SMK 2 Banda Aceh, Baihaqi, mengatakan tahun ini bantuan yang diberikan Dinas Pendidikan Aceh kepada sekolahnya yang dipimpinnya itu sangat banyak. Fasilitas dan pembinaan itu diberikan lewat Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Jadi, kami mendapatkan peralatan, satu sisi kami melihat Pak Kadis sangat perhatian terhadap kondisi pendidikan di Aceh, sangat antusias, baik sarana fisik, maupun pembinaan guru-guru,” ujar Baihaqi, Rabu (09/11/2022), di Banda Aceh.

Menurutnya, bantuan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Aceh sangat tepat. Sebab Dinas Pendidikan Aceh tak hanya memfasilitasi, namun juga membina guru-guru agar berkompenten dalam mengajari murid di SMK. “Karena kemampuan guru di SMK sangat penting, sangat berbeda dengan SMA,” tuturnya.

Dia menjelaskan, murid di SMA bisa belajar dengan otodidak. Dengan membaca dan menganalisa isi materi yang ada di dalam buku, pasti akan bisa memahami isi materi di buku tersebut. “Kalau SMK tidak bisa. Tentu guru itu butuh menularkan soft dan hard skill ke anak-anak,” sebutnya.

Jadi, kata dia, wajar saat ini SMK 2, 1 dan 3 menjadi rule model bagi SMK lain yang ada di Aceh. Karena fasilitas yang ada di SMK-nya tak kalah saing di luar Aceh.

“Ketika saya berkunjung ke SMK Pulau Jawa, sarana dan prasarana tak jauh berbeda, malah kita lebih bagus dari pada di sana,” ujarnya. []

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *