oleh

Dinas Pendidikan Aceh Benahi Sarpras SMK dan Ciptakan SDM Berdaya Saing

Banda Aceh-Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu sumber daya yang pentig dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Sarana pendidikan dinilai mampu membantu keberhasilan proses pendidikan dan meningkatkan mutu pendidikan bidang akademik.

Sebab itu, Dinas Pendidikan Aceh sebagai Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) yang mengurus bidang pendidikan terus berikhtiar membenahi berbagai hal. Mulai soal Sarana dan prasarana, pembinaan guru, hingga menciptakan generasi unggul dan berprestasi.

Kepala Bidang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dinas Pendidikan Aceh, Dr Asbaruddin, MM, M.Eng, mengatakan, proses belajar mengajar akan semakin efektif dan berkualitas apabila ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai.

“Ada beberapa item sarana dan prasarana sekolah SMK yang dibenahi pada tahun ini. Selain itu, Dinas Pendidikan Aceh juga focus menciptakan sumber daya manusia yang berdaya saing di Duni Usaha dan Dunia Industri (DUDI),” katanya.

Ia mengakui, indrustri di Aceh masih sangat kurang. Namun, tidak menutup kemungkinan siswa SMK yang dibina dengan baik, pasti akan dapat bersaing di dunia indrutri di luar Aceh.

Menurutnya, saat ini peluang di dunia kewirausahaan sangat besar. Yakni 95 persen, sementera dunia indrustri di Aceh hanya 5 persen.

Untuk itu, lanjutnya, Dinas Pendidikan Aceh terus berupaya membina guru-guru yang berkompeten. Sehingga terciptanya murid yang berdaya saing. Baik di dunia indrustri maupun dunia kewirausahaan. “Sehingga siswa dapat menghasilkan produk. Pertama produk berbasis barang, kedua jasa,” katanya lagi.

Ia mencontohkan, produk barang yang dihasilkan itu seperti makanan. Produk ini lebih dominan dihasilkan oleh jurusan tata boga. Sedangkan jasa, kata dia, ialah jasa servis. Misalnya, jasa servis kenderaan bermotor atau lainnya.

Oleh karena itu, Asbaruddin berharap, siswa SMK di Aceh dapat berdaya saing di dunia perindrutrian hingga kewirausahaan.

“Mereka dapat menghasilkan produk baru, dan juga jasa dengan kualitas yang tinggi,” sebutnya. []

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *