oleh

Dewan Pers Tuntaskan Uji Kompetensi Wartawan di Aceh

Banda Aceh-Dewan Pers memfasilitasi pelaksanaan Uji Komptensi Wartawan (UKW) untuk 60 wartawan lintas media dan organisasi pers yang dilaksanakan di Hotel Hermes Palace Banda Aceh selama dua hari, Jumat-Sabtu, 13-14 Mei 2022.

Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch Bangun mengatakan, UKW yang dilaksanakan Dewan Pers di Aceh kali ini merupakan program tahun 2022 untuk 34 provinsi di Indonesia, termasuk Aceh. Khusus pelaksanaan di Aceh, ada 60 peserta yang mendaftar melalui PWI Aceh dan PT Aksara Solopos.

Masing-masing Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW), baik PWI maupun Solopos menjaring 30 peserta UKW untuk tiga jenjang yaitu UKW Muda, Madya, dan Utama. Dewan Pers melibatkan lima penguji dari masing-masing LUKW.

Dikatakan Hendry, dari 30 peserta yang mengikuti UKW melalui Solopos, terdiri atas tiga kelas UKW jenjang Muda dan dua kelas UKW Madya. Sedangkan melalui PWI masing-masing satu kelas UKW jenjang Utama, dua kelas Madya, dan dua kelas Muda.

Koordinator Tim Penguji dari PWI, T Haris Fadhillah melaporkan, dari 30 peserta yang mendaftar melalui PWI Aceh, dua di antaranya berhalangan hadir.

Wartawan PENAPOST.ID, Azhari Usman (Kiri), bersama peserta lainnya saat mengikuti materi uji jejaring pada UKW yang diselenggarakan oleh Dewan Pers, PWI Aceh dan PT. Aksara Solopos, Sabtu, (14/05/2022), di Banda Aceh.

Dari 28 orang yang hadir dan mengikuti UKW, seorang di antaranya belum kompeten yaitu peserta UKW jenjang Muda. Sedangkan peserta UKW melalui Solopos, berdasarkan pengumuman yang dibacakan Pemred Solopos, Rini Yustiningsih, dari 30 peserta, satu di antaranya belum kompeten yaitu jenjang UKW Muda.

Tahun Ini Dua Angkatan Lagi
Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin yang menyampaikan sambutan pada acara penutupan mengatakan, PWI Aceh telah melaksanakan UKW sejak 2012 sebanyak 14 angkatan baik yang menggunakan sumber anggaran APBA, APBK, dan kemitraan dengan dunia usaha.

“Dari 500 lebih wartawan anggota PWI Aceh saat ini, hampir 400 di antaranya sudah kompeten. Kami akan terus meningkatkan kapasitas wartawan melalui UKW dengan menggandeng mitra dari pemerintah dan dunia usaha,” kata Nasir Nurdin.

Untuk tahun 2022 ini, selain yang difasilitasi Dewan Pers, PWI Aceh juga akan melaksanakan UKW yang difasilitasi Pemerintah Aceh melalui sumber dana APBA pada Diskominfo dan Persandian Aceh dijadwalkan Agustus tahun ini.

Bahkan, menurut informasi dari Dewan Pers, masih ada lanjutan UKW 2022 untuk Aceh dari Dewan Pers pada Oktober tahun ini.

Foto bersama peserta UKW, Pimpinan Dewan Pers, Pengurus PWI Aceh, Pemred Solopos, dan Tim Penguji pada acara penutupan UKW di Hermes Palace Hotel Banda Aceh, Sabtu, 14 Mei 2022. (Dok PWI Aceh)

“Bagi yang belum berkesempatan ikut UKW yang dilaksanakan Dewan Pers kali ini, masih terbuka kesempatan melalui UKW yang dilaksanakan Pemerintah Aceh pada bulan Agustus dan lanjutan program Dewan Pers pada Oktober mendatang,” kata Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin.

UKW yang berlangsung di Hermes Palace Hotel Banda Aceh, 13-14 Mei 2022 ditutup oleh Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch Bangun sedangkan pembukaan yang berlangsung sehari sebelumnya oleh Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Profesi Pers Dewan Pers, Jamalul Insan.

Ikut menyampaikan sambutan pada acara pembukaan, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Aceh, Asnawi Kumar. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *