oleh

Berkas 6 Partai Lokal di Aceh Dinyatakan Lengkap

Jakarta-Ada tujuh partai lokal Aceh yang mendaftarkan diri ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh. Namun, hanya enam partai lokal saja yang berkasnya dinyatakan lengkap.

“Dari 7 partai politik yang mendaftar ini ada 6 partai politik yang berkasnya lengkap dan dinyatakan diterima” ujar Ketua Divisi Bidang Teknis KPU, Idham Holik dalam konferensi pers, Selasa (16/8/2022).

Pendaftaran enam partai lokal ini telah diterima. Untuk diketahui, ada 8 partai politik lokal Aceh yang memiliki akun Sipol namun hanya tujuh partai saja yang mendaftar ke KIP Aceh.

Proses pendaftaran ini dihadiri juga oleh Bawaslu Aceh. Masa waktu pendaftaran partai lokal Aceh sama dengan masa waktu pendaftaran partai nasional di KPU RI.

“Masa waktu pendaftaran partai lokal Aceh yang dilaksanakan oleh KIP Aceh yaitu di rentang tanggal 1- 14 Agustus 2022, sama halnya dengan masa waktu KPU RI menerima pendaftaran partai nasional di Jakarta,” ucap Idham.

“Partai Aceh adalah partai politik lokal Aceh yang memenuhi ketentuan Pasal 90 huruf a dan b UU No. 11 Tahun 2006,” sambungnya.

Ketentuan Pasal 90 dalam UU Pemerintah Aceh tersebut berbunyi:

Untuk dapat mengikuti pemilu berikutnya, partai politik lokal peserta pemilu harus: a. memperoleh sekurang-kurangnya 5% (lima persen) jumlah kursi DPRA; atau b. memperoleh sekurang-kurangnya 5% (lima persen) jumlah kursi DPRK yang tersebar sekurang-kurangnya di ½ (setengah) jumlah kabupaten/kota di Aceh.

Berikut daftar 6 partai lokal Aceh yang berkasnya dinyatakan lengkap:

1. Partai Aceh
2. Partai Adil Sejahtera
3. Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at Dan Taqwa
4. Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh
5. Partai Darul Aceh
6. Partai Nanggroe Aceh

(Sumber | DETIK.COM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *