oleh

Bau Asap Rokok di Dalam Mobil? Begini Cara Mudah Menghilangkan

Jakarta-Saat membeli mobil bekas, Anda mungkin bakal menjumpai sekelumit masalah kecil yang ditinggalkan oleh pemilik sebelumnya. Salah satu masalah umum yaitu tercium bau asap rokok di dalam mobil. Adanya bau tidak sedap dari asap rokok ini tentu sangat mengganggu kenyamanan Anda maupun keluarga saat berkendara.

Melansir TEMPO.CO dari Toyota of Downtown LA, bau asap rokok di dalam mobil dapat bertahan lama dari tahun ke tahun. Hal ini karena asap rokok mampu menembus kain, permukaan keras, dan bahkan sistem udara mobil. Partikel asap tersebut akan tetap hinggap selama mungkin di dalam serat jok, misalnya, jika tidak segera dibersihkan.

Apabila sudah terlanjur mendapati bau rokok di dalam mobil, berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkannya seperti dilansir dari situs Car and Driver dan My Pertamina:

1. Bersihkan Mobil dari Sampah
Biasanya sebagian pemilik mobil menempatkan tempat sampah di dalam mobil. Tidak menutup kemungkinan puntung rokok dibuang di tempat tersebut sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Mencegah hal itu terjadi, buanglah sampah di dalam mobil secara rutin setiap hari.

2. Gunakan Pembersih Berbahan Enzim
Jika Anda sudah membersihkan setiap sampah tetapi bau asap rokok tidak hilang, Anda bisa gunakan cara alternatif. Yaitu dengan menggunakan zat pembersih berbahan enzim. Produk ini sudah banyak dijual di pasaran, namun Anda perlu merogoh uang cukup banyak di saku Anda karena harganya yang cukup mahal.

3. Sterilkan Sirkulasi Udara Mobil
Seperti diketahui, partikel asap rokok tidak hanya menempel di kabin mobil. Bisa saja bau asap rokok tertinggal di dalam sistem sirkulasi udara. Memarkirkan mobil di tempat terbuka, membuka semua pintu terbuka, dan tetap menyalakan mesin mobil adalah solusi untuk membersihkan sirkulasi mobil Anda. Tunggu beberapa saat hingga bau asap rokok dipastikan tidak tercium lagi di dalam mobil.

4. Ganti Filter Udara
Mengganti filter udara di mobil nyatanya dapat membantu Anda dalam menghilangkan bau asap rokok yang berasal dari ventilasi udara. Pun hal ini dapat mengurangi bau tak sedap lainnya yang mungkin tercium di dalam mobil. Setelah diganti dengan yang baru, jangan lupa untuk selalu memeriksa filter udara ini agar udara kotor dari luar dapat tersaring dengan baik.

5. Gunakan Bahan Alami
Ada beberapa bahan alami tertentu yang dapat menyegarkan kembali udara di dalam mobil yang tercemar bau tak sedap asap rokok. Anda dapat menempatkan baking soda, bubuk kopi, kulit jeruk, teh celup, ataupun cuka di dalam mobil. Masing-masing bahan memiliki cara penggunaan berbeda. Misalnya, baking soda yang ditaburkan ke beberapa bagian dalam mobil.

Bagaimanapun kebiasaan merokok di dalam mobil adalah tindakan yang kurang etis. Selain menyebabkan bau yang tidak sedang, merokok di dalam mobil juga bisa menyebabkan kerusakan interior bahkan memicu terjadinya kebakaran. Pun apabila dilakukan sembari mengemudi, risiko kecelakaan lalu lintas sangat mungkin terjadi. []

(Sumber | TEMPO.CO)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *